Cina Janji Berikan 300.000 Dosis Vaksin Covid-19 Gratis ke Myanmar

Argonews – Jakarta, Cina akan memberi Myanmar sejumlah vaksin Covid-19 gratis, kata kementerian luar negeri Cina mengumumkan pada Selasa, ketika Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi mengakhiri kunjungan resmi dua hari ke Myanmar.

"Cina akan terus menyediakan materi anti epidemi sesuai kebutuhan Myanmar. Kami akan memberikan satu gelombang pengiriman virus corona gratis dan akan melanjutkan diskusi tentang kerja sama vaksin," kata Kementerian Luar Negeri Cina, dikutip dari Reuters, 12 Januari 2021.

Myanmar Times melaporkan, Cina menjanjikan 300.000 dosis vaksin Covid-19 gratis dan obat-obatan untuk perawatan Covid-19. Selain itu, Cina memberikan bantuan 3 juta yuan (Rp 6,5 miliar) yang ditawarkan saat pertemuan Presiden Myanmar U Win Myint, Konselor Negara Daw Aung San Suu Kyi, dan Menlu Cina Wang Yi.

Kemenlu Cina juga mengatakan ketika Menlu Wang Yi bertemu dengan panglima tertinggi militer Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, dia meminta dukungan militer untuk Koridor Ekonomi Cina-Myanmar.

Koridor Ekonomi Cina-Myanmar merupakan proyek transportasi dan infrastruktur yang melewati daerah di mana faksi etnis minoritas saling berperang dan pasukan pemerintah.

Pertempuran di timur laut Myanmar terkadang membuat para pengungsi melarikan diri dari perbatasan ke Cina.

Setelah meninggalkan Myanmar, Wang Yi, anggota dewan negara dan menteri luar negeri Cina, akan mengunjungi Indonesia, Brunei, dan Filipina sebelum kembali ke Cina pada 16 Januari.

Sumber dari TEMPO.CO

Related Post
LEAVE A REPLY