KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa Menerima Kunjungan Kerja Jenderal Amerika

Argonews - Jakarta, Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan kedatangan tamu kehormatan baru-baru ini. Chief of Staff of the United States Army, General James C. McConville berkunjung ke Markas Besar Angkatan Darat. Kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat beserta para delegasi ini dalam rangka kunjungan kerja di Indonesia. Segala persiapan disusun dengan matang oleh TNI Angkatan Darat untuk rangkaian acara penyambutan tersebut. Namun, ada yang menarik dari acara pertemuan dua negara tersebut.

Menerima Kunjungan Kerja Jenderal Amerika

Sebelumnya, Jenderal Andika Perkasa menerima kedatangan dari Chief of Staff of the United States Army, General James C. McConville ke Mabes AD. Kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat beserta para delegasinya tersebut rupanya dalam rangka melakukan kunjungan kerja di Indonesia.

Dalam kunjungannya, General James C. McConville berkeliling di Markas Besar Angkatan Darat didampingi dengan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa. Guna melihat sejumlah ruangan atau tempat yang ada dan disediakan dalam Mabes AD tersebut. Mulai dari ruang kerja Kasad, ruang Bina Yudha II, ruang serba guna, ruang fitnes hingga tribun.

Acara Penyambutan

TNI Angkatan Darat juga telah menyusun segala persiapan secara matang untuk rangkaian acara penyambutan ini. Penampilan Kartika Orkestra juga dipersiapkan untuk menyambut kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat. Tak hanya itu, jamuan makan siang khas Nusantara serta sejumlah anggota yang mengenakan pakaian adat Indonesia.

General James C. McConville juga menerima tanda kehormatan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berupa Bintang Kartika Eka Paksi Utama. Tanda kehormatan tersebut disematkan langsung oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa.

Melihat segala perjamuan yang diberikan kepada jajaran United States Army, General James C. McConville merasa begitu terkesan. Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat itu lantas memberikan juga cinderamata untuk beberapa prajurit TNI Ad yang turut terlibat dalam acara penyambutan.

Agenda yang Dibahas

Kunjungan kerja ini diharapkan mampu meningkatkan kerja sama bilateral antara US Army dengan TNI Angkatan Darat. Pertemuan tersebut juga membahas kerja sama yang telah dilakukan dan rencana kerja sama di tahun depan. General James C. McConville juga tak lupa mengucapkan rasa terima kasih atas hubungan kemitraan yang kuat antara US Army dan TNI AD.

“Saya melihat prajurit TNI AD bekerja sama dengan United States Army dalam JRTC Rotation, sangat produktif dalam latihan. Apa yang kita mulai hari ini untuk membentuk pelatihan yang hebat dan membuat hubungan kerja sama semakin erat,” ujar General James C. McConville.

⁣⁣⁣⁣⁣

Salah satu rencana program kerja sama yang akan dilakukan tahun depan yakni menambah jumlah personel TNI AD dalam pelatihan JRTC Rotation. Kepala Staf Angkatan Darat. Kasad mengatakan ingin menambahkan 200 orang personel.

“Pada dasarnya kami sangat puas dengan JRTC Rotation yang telah dilaksanakan, namun kami ingin menambah jumlah personel. Kami telah mengirim 125 personel untuk berlatih dalam menghadapi kekuatan lawan dan perspektif untuk menghadapinya, namun kami ingin menambah jumlah personel yang berlatih menjadi 200 prajurit untuk JRTC,” ujar Kasad.

⁣⁣⁣⁣

Rencana Kerjasama US Army dan TNI AD

Belum berhenti di situ, TNI AD juga berencana mengikuti National Training Center United States Army, pelatihan bidang militer yang bersifat konvensional. Tentu dengan melibatkan satuan mekanis TNI AD. Beberapa kerjasama lainnya juga akan dijalin tahun depan.

Mulai dari pelatihan akademi Militer AS di West Point hingga pendidikan khusus Bahasa Inggris bagi prajurit Indonesia yang hendak mengikuti pelatihan. Hubungan kerjasama bilateral ini diharapkan pula mampu memperkuat persahabatan Amerika Serikat dan Indonesia dalam bidang militer.

Related Post
LEAVE A REPLY