Kantor Mediator Alexander Kurniadi Hadir Damaikan Semua Sengketa

Argonews-Surabaya, Peran Mediator di Indonesia dalam Penyelesaian Konflik di Berbagai Sektor. Konflik adalah hal yang tidak bisa dihindari, bahkan ia selalu beriringan sejalan dengan interaksi antar manusia itu sendiri, maka dari itu konflik seharusnya dikelola dan kemudian diselesaikan.

Konflik dapat terjadi dimanapun, pemicunya juga sangat beragam mulai dari kepentingan bisnis, politik, golongan, bahkan agama. Pada intinya apapun itu konfliknya semua itu tidak untuk dihindari namun dikelola demi tercapainya keadilan antar pihak.

Yang disayangkan disini adalah tidak semua orang di masyarakat mengetahui bagaimana cara mengelola konflik dengan baik. Konflik seringkali diekspresikan dengan berbagai tindakan yang cenderung anarkis, urakan, bahkan diikuti dengan perbuatan kekerasan, persekusi yang akhirnya bukan menyelesaikan konflik itu sendiri namun malah melahirkan resiko hukum yang lain bagi salah satu pihak.

Hal tersebut dapat terjadi karena satu pihak yang merasa dirugikan tidak memahami prosedur atau proses apa yang seharusnya ia tempuh ketika merasa dirugikan oleh pihak yang lain karena satu tindakan tertentu.

Selain itu sebagian kelompok masyarakat berpendapat, bahwa jika konflik harus dibawa ke meja peradilan akan membutuhkan proses yang rumit, waktu yang tidak singkat, serta biaya yang tidak ringan. Maka jalan pintas diatas seperti demonstrasi dan kekerasan menjadi pilihan yang cukup efektif dan murah untuk memaksa salah satu pihak mengikuti kehendaknya.

Usaha negosiasi sebagai salah satu cara dalam meresolusi konflik dengan tujuan mempertimbangkan kebutuhan para pihak kadang juga tak berjalan mulus, ketika para pihak masing-masing tidak mempunyai posisi netral untuk bernegosiasi. Maka dalam hal ini sarana mediasi oleh pihak ketiga dalam merencanakan penyelesaian konflik sangat penting, melihat semakin beragamnya konflik-konflik yang terjadi di masyarakat.

Mediasi mengapa penting? Mediasi mendorong pelibatan aktif para pihak yang terlibat konflik untuk duduk bersama menemukan solusi terhadap persoalan yang ada. Mediasi mendorong perilaku yang lebih bertanggung jawab. Mediasi mendorong situasi pembelajaran dengan memberdayakan orang untuk menentukan pilihan dan keputusan sendiri tentang masalah yang mereka hadapi.

Selama periode bulan Maret 2021, hingga bulan April 2021, terdapat 24 perkara yang ditangani oleh kantor Mediator Alexander Kurniadi, S.Psi., S.H., dan Rekan; Mediator Bersertifikat & Terakreditasi. Lebih kurang tiga perempat dari jumlah perkara itu adalah terkait persengketaan dalam hubungan bisnis, dan selebihnya adalah perselisihan di dalam rumah tangga. Adanya kondisi ekonomi yang tertentu, tentunya memiliki dampak yang spesifik terhadap munculnya jenis persengketaan dan perselisihan tertentu.

Kantor Mediator Alexander Kurniadi, S.Psi., S.H., & Rekan, telah hadir dan akan selalu membantu para pihak dalam menemukan solusi dari persengketaan dan perselisihan yang dialami; sehingga hubungan baik yang ada diantara para pihak tetap terpelihara, kepentingan mendasar dari para pihak dapat terpenuhi, biaya proses mediasi yang ekonomis, dan para pihak tetap dapat beradaptasi secara sosial dan ekonomi, didalam situasi pandemi yang menantang ini.

Kantor Mediator Alexander Kurniadi, S.Psi., S.H., & Rekan, hadir untuk mendamaikan sengketa perdata dan mediasi penal, membantu mewujudkan restorative justice & alternative dispute resolution (ADR) / alternatif penyelesaian sengketa (APS). (Red)

Alexander Kurniadi, S.Psi., S.H.

Mediator Bersertifikat & Terakreditasi

Pakuwon Center Lantai 23

Jalan Embong Malang 1-5

Surabaya

08113547275

+623160003425

Ig @alexanderkurniadii

FB : Alexander Kurniadi

email : alexander.kurniadi@gmail.com

Related Post
LEAVE A REPLY