Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Ini Cara Selamatkan Diri Menurut BNPB

ArgoNews – JATENG, Puting beliung terjadi sekitar 15 menit di daerah Waduk Gajah Mungkur (WGM), Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, pada Rabu (20/1/2021) sekitar pukul 15.30 WIB.

Kejadian itu sempat viral karena diabadikan dan disebarkan masyarakat di beberapa media sosial. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Kejadian itu memang betul. Saya mengecek di teman-teman relawan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, dilansir dari pemberitaan Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Penyebab puting beliung Puting beliung terjadi akibat peristiwa hidrometeorologi yang meningkat pada pancaroba atau peralihan musim.

Proses terjadi puting beliung berawal dari pertumbuhan awan hujan cumulus nimbus akibat panas matahari yang intensif. Proses tersebut menimbulkan pergolakan arus udara yang naik turun, disertai kecepatan angin yang cukup kuat.

Saking kuatnya, pusaran angin ini dapat mengangkat atau melepar benda-benda yang dilewatinya.

Puting beliung sering terjadi pada siang atau sore hari di musim pancaroba. Fenomena ini sulit diprediksi karena terjadi pada atmosfer berskala lokal.

Kendati demikian, ada tindakan penanganan baik sebelum, saat, atau setelah bencana puting beliung terjadi.

Badan Nasional Penanganan Bencana ( BNPB) menerbitkan Buku Saku Tanggap Tangkas Mengahapi Bencana.

Buku tersebut memberi arahan mengenai apa saja yang perlu dilakukan dalam menghadapi bencana, termasuk puting beliung.

Sumber dari KOMPAS.com

Related Post
LEAVE A REPLY